Pages

Banner 468 x 60px

 

Scientific Writing Tembus Jurnal Internasional

1 komentar

Penulisan artikel ilmiah sangat penting dalam upaya pengembangan karir akademik seorang dosen.    Selain    itu,    penulisan    artikel    ilmiah merupakan media untuk memberi tahu hasil penelitian atau pemikiran seorang dosen sebagai seorang akademisi kepada masyarakat baik di lingkup nasional maupun internasional.

Dalam lingkup nasional, peneliti atau penulis artikel yang dalam hal ini adalah seorang dosen dapat mempublikasikan artikel ilmiah atau hasil penelitian mereka di dalam jurnal nasional baik yang  belum terakreditasi maupun yang  sudah terakreditasi.                        Jurnal                      nasional        memperoleh pengakuan,                     penilaian                   atau                       akreditasi     dari Kemenristekdikti. Di Indonesia, institusi yang mengelola   dan                       menerbitkan jurnal  nasional adalah perguruan tinggi dan institusi yang terkait dengan penelitian. Ada pula beberapa jurnal yang diterbitkan oleh kementerian.
Dalam   lingkup               internasional,        biasanya         para peneliti atau penulis artikel ilmiah menjadikan jurnal                        internasional        sebagai          wadah                         dalam mempublikasikan hasil penelitiannya. Apa itu jurnal internasional? Jurnal internasional adalah jurnal yang penulisannya menggunakan bahasa yanbanyak                      digunakan    sebagai               bahasa pengantar         di dunia    seperti               bahasa        Inggris, bahasa Perancis, bahasa Mandarin, dll. Selain itu, jurnal internasional juga harus sudah terindeks pada database internasional, contohnya Scopus, Web of Science, Microsoft Academic Research.Maka                sangat memerlukan panduan penulisan artikel ilmiah agar              tulisannya      dapat     terbit      di    jurnal internasional.


1 komentar:

Posting Komentar

 
Rizky Mirani © 2016
rizky